Kamis, 09 Februari 2012

6 Fakta Menarik Musik K-Pop


Histeria K-pop kini mulai menyebar luas di mana-mana dan mendatangkan banyak “peniru /plagiat”. misalnya, drama korea yang kini ada versi lokalnya yaitu versi sinetron sinetron. Boyband dan girlband korea juga ada dalam versi lokal seperti : Sm*sh,7 Icon, Chibi, Xi-Xo dll.
Ketika Wonder Girls melejit dengan lagu “Nobody”, para cewek ABG pun ikut meniru gaya mereka. Banyak cewek ABG di mal bergaya ala member wonder girls. Gaya khas mereka adalah memakai rok mini super ketat plus high heels yang super tinggi.
Inilah bukti bahwa budaya Asia yang kadang culun ternyata,punya daya pikat yang tinggi.Nah, buat yang belum kenal dengan trend K-pop, Inilah tips cepat mengenal para bintang K-pop, penggemarnya dan histerianya.

1. SATU GRUP TIGA NAMA
Cuma di dunia K-pop satu grup bisa punya tiga nama. Contoh : Dong Bang Shin Ki, boyband yang memiliki penggemar terbesar di Korea.saat debut mereka dikenal dengan nama singkatan 'DBSK'. Tetapi saat mulai merambah ke luar Korea, nama mereka pun berubah menjadi TVXQ/THSK (Tong Vang Xien Qi/Tohosinki).Tidak hanya DBSK saja yang memiliki 1 nama, boyband D-NA yang merupakan singkatan Daebak Namja (The Best Man) punya nama internasional 'The Boss'. Kalau di negara Jepang, boyband ini lebih dikenal dengan nama 'Daikoakku Danji'."2 PM adalah satu-satunya boyband yang tidak punya leader".Karena, leader Park Jae Bom keluar dan pihak manajemen mereka tidak mencari pengganti ketua.
Girl’s Generation yang akrab dengan nama Soshi atau SNSD (So Nyeo Si Dae) atau Shojo Jidai yang mempunyai arti Generasi Cewek. Cho Shin Sung dengan nama alias Supernova atau Choshinsei (CSS). Bahkan penyanyi yang sekarang sukses sebagai aktor internasional seperti Rain juga punya banyak nama.Di Korea, Rain dikenal dengan nama Bi. Tapi, kalau di luar korea ia menggunakan nama panggung 'Rain'. Tetapi, saat ia berperan di film “Ninja Assasins” dan “Speed Racer”, Rain memakai nama aslinya 'Jung Ji Hoon'.
Boyband terbaru yang punya banyak nama adalah BEAST. Ketika awal debut, boyband ini bernama B2ST singkatan dari 'Boys To Search For Top'. Tapi setelah meluncurkan debut singlenya, namanya pun menjadi BEAST. Jadi, jangan kaget dulu kalau melihat muka-muka yang familiar tetapi punya banyak nama. Hal seperti ini hanya bisa ditemukan di dunia K-pop.

2. HOBI DENGAN SINGKATAN
Entah kenapa grup atau penyanyi senang sekali menyingkat-nyingkat nama grup mereka. Tapi, ini bukan sekadar singkatan biasa seperti My Chemical Romance yang disingkat jadi MCR.Ini hanyalah nama panggilan bukan nama resmi yang tampil di sampul album.Menjadi penggemar K-pop berarti harus bersiap-siap menghafal berbagai singkatan.Nama-nama boyband/girlband yang mempunyai nama singkatan palimg unik biasanya datang dari asuhan YG Entertainment.
Seperti : 1tyme yang dibaca dengan One Time. 5tion di baca: fiction, f.cuz di baca: focus dan 2NE1 di baca: To Anyone.Boyband asuhan JYP entertainment (Jin Young Park) juga punya nama singkatan yang diambil dari nama waktu '2AM & 2PM'.Bahkan yang lebih ekstrem lagi, 1 member punya nama yang berbeda dan di singkat. Seperti, member boyband Big Bang yang punya nama panggung unik : GD, T.O.P, dan SOL (Nama panggung Taeyang di Jepang).

3. PUNYA WARNA KHAS
Sudah tradisi dalam dunia musik K-pop jika setiap grup pasti punya satu warna sebagai ciri khas. Biasanya, saat konser atau jumpa fans, baik para anggota boyband maupun fansnya akan menggunakan baju/aksesoris dengan warna tersebut. Peralatan perang pertama mereka adalah balon atau light stick. Jadi, jangan kaget jika Anda datang ke festival konser K-pop dan melihat lautan warna. Buat penggemar pemula, jangan sembarang duduk jika menonton festival musik K-pop. Bisa-bisa anda kena usir atau tidak bisa menyalurkan histeria jika anda duduk di tempat yang salah.Di Korea, warna ini jugalah yang kadang bisa membantu kita bergabung ke acara televisi seperti KBS Music Bank, SBS Inkigayo, MBC Music Core dan M-Net Countdown. Lumayan kan, ketimbang mengeluarkan uang untuk menonton konser?

4. Budaya ‘LEADER & MAKNAE’
Grup K-pop punya tradisi, ketua dan anggota termuda menjadi akan jadi anggota yang paling dielu-elukan. Ketika memperkenalkan diri, mereka akan menyebutkan posisi itu. Contohnya : 'annyeong haseyo, naneun syupeo junieo ui lideo yeossji.. leeteuk imnida' (Hallo, nama saya leeteuk dan saya adalah leader super junior) Panggilan untuk ketua adalah leader -ssi, sementara untuk anggota termuda di seubut maknae atau the baby member. Di Korea, sebuah stasiun televisi bahkan sampai membuat program khusus untuk para maknae yang berjudul “Maknae’s Rebellions”.

5. ‘COUPLING FANDOM’ (Budaya Couple)
Yang paling unik dari penggemar K-pop ini adalah adanya idol couple yang sering “diterjemahkan” layaknya pasangan yang berpacaran (karena saking akrabnya). Contohnya : yang paling populer adalah pasangan Yunjae alias U-Know Yunho dan Hero Jaejoong saat DBSK masih berlima.Di setiap aktivitas jika mereka terlihat begitu akrab berdua, penggemar Yunjae langsung histeris.
Kalau di super junior ada banyak couple (faktor jumlah member yang ber-13) seperti : KangTeuk (Kangin dan Leeteuk), TeukChul (Leetuk dan Heechul tapi lebih populer dengan nama 83lines),EunHae (Eunhyuk dan Donghae), HeeBum (Heechul dan Kibum), HanChul (Hanggeng dan Heechul), KyuMin (Kyuhyun dan Sungmin), YeWook (Yesung dan Ryeowook) dan ada juga EunSiHae, Sibum dll
Mulai dari gambar, ilustrasi sampai fanfic (cerpen karangan fans yang menggunakan karakter pasangan favorit mereka) pun banyak beredar di dunia maya. Tak hanya itu,Boybdand SS501 ada pasangan Tom & Jerry (Park Jung Min dan Kim Hyung Joon). Di U-Kiss: ada Pasangan Elvin (Eli dan Kevin). Di FT Island: Hong Jae (Lee Hong Ki dan Lee Jae Jin) dan Jongki (Choi Jung Hun dan Lee Hong Ki).Di MBLAQ juga ada Joonmi (Lee Joon dan MIR) , di Teen Top ada couple LChunRick (L.Joe Chunji dan Ricky). Di SNSD ada TaeSun (Taeyon dan Sunny) YoonYul (Yoona dan Yuri) dll.Memang susah di mengerti tetapi begitulah musik K-pop.

6. BEDA DIDIKAN MANAJEMEN, BEDA GAYA
Cara identifikasi terakhir adalah melihat siapa yang mengasuh sebuah grup. Tiap manajemen punya gaya debut yang berbeda-beda. Grup-grup yang didikan SM Entertainment biasanya dikenal sebagai artis yang multitalented. Leeteuk,Eunhyuk dan Yesung mereka menjadi DJ Radio Sukira (Super Junior Kiss Radio), Heechul jadi DJ Radio Youngstreet, Shindong jadi DJ Radio Shimsimtapa.Siwon, Donghae dan Kibum lebih berbakat di bidang akting. Kyuhyun,Yesung,Ryeowook lebih fokus ke Super Junior KRY yang basicnya adalah kemampuan vokal.Karena semua member super junior punya gaya humor yang khas mereka sering tampil di acara variety show seperti : EHB (Exploration Human Body), Star Golden Ball, Come To Play, Happy Together, Strong Heart dll.Sedangkan, sub grup Super Junior M mereka lebih sibuk promosi di China dan Taiwan. Victoria F(X) dan Minho Shinee adalah member yang paling sering jadi cameo (bintang tamu) di variety show.
Sementara itu, didikan YG Entertainment sangat mengutamakan citra grup sebagai penyanyi yang handal. Tapi, mereka tak hanya tampil di acara khusus yang mengulas aktivitas mereka sendiri. Big Bang dan 2NE1 punya punya acara sendiri yang disebut Big Bang TV atau 2NE1 TV di Mnet dan MTV Korea.Member Big Bang GD,TOP, dan Seungri mereka sering tampil di variety show karena gaya humor natural mereka.
Didikan JYP Entertainment juga berbeda. para member lebih berbakat di bidang akting. Di Mulai dari kesuksesan Rain yang berperan di drama Full House dan Film Ninja Assassin.Dalam grup didikan JYP pasti ada salah satu member yang bermain film atau drama.Sohee Wonder Girls pernah tampil dalam film “Some Like It Hot/Hellcats”. Seulong 2AM tampil bersama Lee Min Ho di drama “Personal Taste”.Jo Kwon 2AM yang berakting di drama serial All My Love.
Sepak terjang terbesar JYP untuk “mendistribusikan” para anak didiknya di jalur drama juga terlihat ketika agensi ini menggaet manajemen artis Bae Yong Joon untuk menggarap sebuah drama musikal populer.Terlepas dari itu, JYP juga dikenal sebagai artis manajemen yang paling demokratis.Ketika Jay Park (Leader 2AM) memutuskan keluar, JYP pun menghargai keputusannya. Karena jiwa demokratis ini pula, JYP jarang terdengar ada pertikaian dengan artis atau pihak lain seperti dengan stasiun televisi misalnya.Ini berbeda dengan YG Entertainment yang sempat berbeda pendapat dengan stasiun KBS. Atau SM Entertainment yang sempat ngambek ke Mnet.

Cr: infospesial.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar